Kompetensi Lulusan | Mata Kuliah | |
Kompetensi 1: Menguasai konsep dasar pembelajaran yang efektif dan efisien bernuansa Pendidikan Dasar | · Konsep Dasar IPA · Konsep Dasar PKn · Konsep Dasar IPS · Konsep Dasar Bahasa Indonesia · Konsep Dasar Matematika | |
Kompetensi 2: Mengembangkan model pembelajaran tematik bernuansa pendidikan dasar yang sesuai perkembangan IPTEK | · Pembelajaran dan Evaluasi Tematik · Pembelajaran Tematik Berbasis Komputer | |
Kompetensi 3: Mengikuti perkembangan Sains ke-SD-an, membelajarkan dan menerapkannya pada pendidikan dasar | · Filsafat Ilmu Pendidikan · Bahasa Inggris Konsentrasi Pendidikan Matematika · Teori Bilangan · Geometri · Statistika Dasar · Landasan Pembelajaran Matematika SD · Pengembangan dan Telaah Kurikulum Matematika SD Konsentrasi Pendidikan IPS · Dasar-Dasar Geografi · Sejarah Indonesia · Dasar-Dasar Teori Ekonomi · Pendekatan Pembelajaran IPS SD · Pengembangan dan Telaah Kurikulum IPS SD Konsentrasi Pendidikan IPA · Pengembangan dan Telaah Kurikulum IPA SD · Pengembangan Pembelajaran IPA SD · Evaluasi Pembelajaran IPA · Konsep-konsep esensial IPA · Konsep Utama Fisika SD · Konsep Utama Biologi SD · Praktikum IPA Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia · Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia · Pengembangan Materi Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia · Dasar-dasar Linguistik · Keberaksaraan dan Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia · Desain Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia | |
Kompetensi 4: Melaksanakan penelitian pembelajaran di pendidikan dasar. | · Metodologi Penelitian Pendidikan · Statistika Pendidikan · Seminar Proposal · Tesis |
Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Diskusi
· Observasi Lapang
· Presentase
· Studi Kasus
· Riset Mini
Bidang kajian Penelitian/Payung Penelitian
· Masalah belajar peserta didik di sekolah, seperti: masalah belajar di kelas, kesalahan pembelajaran, miskonsepsi, dan peningkatan hasil belajar.
· Rancangan dan strategi pembelajaran di kelas, seperti: masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran, implementasi dan inovasi metode pembelajaran, interaksi di dalam kelas, partisipasi orang tua dalam proses belajar peserta didik.
· Penggunaan dan pengembangan alat bantu, media dan sumber belajar, seperti: masalah penggunaan media, IT dan ICT, perpustakaan, dan sumber belajar di dalam/luar kelas, peningkatan hubungan antara sekolah dan masyarakat.
· Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran, seperti: masalah evaluasi awal dan hasil pembelajaran, pengembangan instrumen asesmen berbasis kompetensi.
· Pengembangan pribadi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya, seperti: peningkatan kemandirian dan tanggung jawab peserta didik, peningkatan keefektifan hubungan pendidik, peserta didik dan orang tua dalam proses pembelajaran, peningkatan konsep diri peserta didik, interaksi antara peserta didik, peserta didik-materi ajar, dan peserta didik-lingkungan belajar.
· Masalah kurikulum, seperti: perancangan dan penerapan kurikulum, urutan penyajian materi, kesesuaian pemilihan tema/konteks untuk setiap materi.
0 komentar:
Posting Komentar